Selasa, 24 Juni 2008

Mengisi Warung 7. (Gita Cinta dari SMA )

Saya mendapat album CD Crisye berjudul Trilogi dari 01 s/d 03. Isinya seluruh album Crisye dari Sabda Alam sampai Albumnya tahun 2004 ada disitu. Terdapat puluhan CD didalamnya yang dibuat persis seperti album album lamanya. Tentu saja didalam album Trillogi itu terdapat Album yang berjudul Puspa Indah.
Buat saya kumpulan lagu dialbum Puspa Indah memiliki daya tarik tersendiri karena album itu dibuat tahun1979 ketika kita masih kelas dua SMA.

Puspa Indah di buat untuk menjadi Sound Trakc Film Gita Cinta Dari SMA, sebuah film yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessi Gusman. Di angkat dari Cerita Bersambung di majalah Gadis yang di tulis oleh Edi D Iskandar. Dari sisi penulisan cerber itu biasa saja bahkan terlalu "melankolis" , bukan cerita yang memiliki nilai sastra atau jalinan cerita yang memiliki kekuatan dialog. Bahkan kalau dibandingkan dengan penulis masa itu Marga T (Badai Pasti Berlalu) dan Ashadi Siregar. (Cintaku di kampus Biru, Kugapai Cintamu,dan Terminal Cinta Terakhir) maka novel novel yang di tulis oleh Edi D Iskandar belum sekualitas dua orang yang saya sebutkan diatas.

Akan tetapi Edi D Iskandar memiliki daya tarik tersendiri karena Cerber dan Novel Novelnya lahir di jaman kita dan laris di pasaran pada saat itu. Paling tidak Gita Cinta Dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati telah turut mewarnai kehidupan anak SMA di akhir tahun 70an.

Ketika saya membuka isinya satu persatu, maka CD album Puspa Indah yang saya pilih lebih dahulu walaupun saya tahu bahwa penggarapan Musik di Album Sabda Alam dan Badai Pasti Berlalu jauh lebih bagus.

Ada rekaman jejak sejarah di album itu, yang coba saya tarik kembali untuk hadir dalam perjalanan saya dari tempat mendapat album itu menuju kantor.

Saya tidak terlalu ingat dengan siapa saja saya menonton film Gita Cinta Dari SMA sepulang dari sekolah. kalau gak salah hari sabtu, kita nonton ramai ramai dan yang mengajak saya untuk ikut nonton namanya Heni anak Ipa/ips yang rumahnya di Cijantung.

Filmnya main jam dua siang di bioskop President, film ini begitu larisnya hingga beberapa anak dari sekolah lain meniru tokoh di film itu, (kesekolah dengan naik sepeda.)

Galih dan Ratna adalah tokoh fiksi yang di ceritakan memiliki hubungan asmara namun mendapat tantangan dari orang tua Ratna (Yessi Gusman), ada kesedihan di ending cerita dalam film itu ketika Galih mengejar Ratna di stasiun dan kereta sudah melaju menuju Jogja.

Ketika bubaran saya tak bersikap apapun dan lebih memilih diam ketika sejumlah teman laki lainnya meledek teman perempuan disebabkan matanya yang memerah.
Ketika meloncat ke Bis untuk pulang saya cuma mengucapkan terimakasih pada Heni yang sudah mengajak saya gabung untuk melihat film itu. Dan dia masih sibuk memainkan sapu tangannya yang agak sedikit basah.

Rekaman sejarah menarik jarak puluhan tahun itu untuk hadir kembali dalam bayangan dan menarik sejumlah rangkaian lainnya yang lepas-lepas, akan tetapi tak membuat kehilangan substansi. Rangkain rangkaian itu menjelma menjadi satu pijakan bahwa kehidupan berjalan dengan alamnya sendiri sendiri tapi tak terlepas dari satu kesatuan utuh. Setiap teman disini memiliki memori sendiri tentang masa itu, dan perjalanan setelahnya menjadikan kita dalam posisi seperti saat ini. Baik dengan keterpaksaan atau memang yang di cita citakan.

Akan tetapi apapun posisi kita sekarang ini paling tidak kita memiliki sejarah yang penuh warna, warna itu selalu cerah secerah langit di SMA 7. karena selalunya ada senyum hangat dari teman teman yang tak pernah melupakan apa yang dinamakan sahabat.

Mekar bersemi untaian kasih... jumpa cinta pertama...
telah tertanam rindu dendam...semakin dalam semakin kelam..
indah cinta berakhir duka...mengalun sunyi di buai mimpi...
masa remaja punahlah sudah..menjauh dari angan merapuh...
kini kucari celah bahagia....
(Gita Cinta, Guruh Soekarno)

2 komentar:

  1. ana dulu SMA 4 jalan batu
    lulus tahun 1983

    BalasHapus
  2. Ini, setiap Rabu ada cerber baru di blog CANTIK SELAMANYA. Bagus deh.

    Judulnya "Nita Si Sekretaris".

    Lihat dulu dari episode satu, dua, tiga, baru keempat.

    Luar biasa, deh! Punya Anak 4.

    BalasHapus