Kamis, 15 Oktober 2009

Mengenang Huda Machfudz

"aduuuh p geys trimakasih banyak:bpk memang sdr saya terbaik, yang penting doakan sy sehat walafiat, semoga bpk jd sdr sy dunia akhirat, amiiiin.thanks alot." sebuah pesan di hp saya tertanggal 26,09.2009.

itulah komunikasi terakhir dari seorang ibu bernama Huda Machfudz.
Sms itu adalah jawaban dari sms sy sebelumnya, " bu Huda sy sedang bersama keluarga di KL bila ada yg bu Huda perlukan dari sini, obat, vitamin atau apa saja tolong beri khabar"

Saya mengenalnya beberapa tahun lalu melalui seorang teman ketika dia ingin mengetahui mengenai sebuah yayasan yang saya kelola di pasar minggu, dan setelah itu ibu ini terkadang mengirimkan dana bila yayasan sedang mengadakan kegiatan sosial berupa sunatan massal atau kegiatan lainnya.

Komunikasi sering kali terjadi melalui sebuah room di yahoo messenger dimana teman teman dari kota asalnya aktif berkomunikasi di situ. Aksen suaranya khas, selalunya akrab dengan orang yang baru dikenalnya. Dan bila dia bicara dalam bahasa Arab maka suara presenter TV Mesir seolah sedang bicara didepan kita.

Memiliki empat anak yang sukses dalam kuliah maupun karirnya, memiliki banyak teman dan tak ada satupun sahabatnya yang tidak merasa akrab dengan dirinya. Tidak mudah marah walaupun seloroh di room YM kadang melewati batas, ucapan yang keluar hanyalah :"sing genah lho."

Beberapa temannya kadang mengalami kesulitan dan tangannya selalu terlepas memberi bantuan tanpa teman lainnya mengetahui.

Setelah beberapa kali di rawat di RS berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya, Surabaya, Rabu kemarin 14 Oktober 2009, adalah akhir dari penderitaannya. Malam sehabis sholat Isya dengan didampingi sanak family dan teman teman dekatnya. Nurhuda Nasar Machfudz pergi menemui khaliknya dengan diiringi sejuta kesan yang mendalam dari segenap sahabatnya.

Adalah Anisah Bahanan teman yang selalu diminta datang mendampinya ke RS ketika hari hari menjelang ajal. Anisa mengabari lewat hp dengan suara terisak "Geis, Huda sedang "Naza ' " (hembusan nafas nafas terakhir)......." Anisa meminta untuk mendoakan Huda, secepatnya saya pun menelpun sahabatnya yang lain, dan sahabatnya itu walaupun dengan perlahan lahan saya mengatakan alat bantu bu Huda sudah dilepas semua dan sekarang sedang dalam masa masa di akhir khayatnya. Namun kehilangan sahabat baik adalah suatu pukulan berat dan bu Mita sahabat dekatnya yang lain. Seolah mengeluarkan segenap emosi tangisnya yang sudah beberapa hari dipendamnya.

Dunia adalah perjalanan sementara menuju keabadian, dalam perjalanan itu kita menemui banyak orang dan sering kali orang orang baik pergi lebih dulu meninggalkan kita.

Semoga Allah mengampuni semua dosanya menerima seluruh amal ibadhanya dan mengabulkan segala doa doanya. Allahummaghfirlaha warhamha wa'afiha wa'fuanha,amiien

Wahai jiwa yang tenang kembalilah kepada Rob mu dalam keadaan ridho dan di ridhoi. (Q, S. Al Fajr)

16 komentar:

  1. Turut berduka cita,semoga semua amal baiknya diterima di sisi-Nya...amiinn..
    Aku salut dgn org2 seperti ibu huda ini,,dan sy jg setuju dgn judul dari artikel ini "sebaik-baik manusia adalah yg brmnfaat bg manusia lainnya"..
    kualitas seorg mnusia bisa dlihat dr apa yg dya lakukan untuk org lain..

    BalasHapus
  2. waktu yang terlalu singkat untuk mengenal pribadi yang baik ini, semoga Allah melapangkan kuburnya dan mendapat tempat disisinya

    BalasHapus
  3. Alwi Husein Almuhdar15 Oktober 2009 10.31

    Allah yarhamha wa yaghfirha, wayaj'alil jannata matswaaha wa yukrim Nuzuulaha.....Ya Kariiim

    BalasHapus
  4. Almarhuma Dunia Hudah nasar mafud alis binti laitifa basymeleh,di Masjid Al-Irsyad, Kamis 14 Oktober 2009.

    Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
    (QS. Al Hadiid, 57 : 3-4)

    Sebaik-baik umur adalah yang dipanjangkan umur tetapi penuh dengan taat kepada Allah dan amal saleh. Seburuk-buruk umur adalah yang panjang umurnya tetapi penuh dengan dosa dan maksiyat kepada Allah. Orang yang akan selamat di alam akhirat adalah yang selamat di alam kubur. Orang yang selamat di alam kubur adalah orang yang selamat ketika di akhir hidupnya. Akhir hidup yang baik sulit didapat jika kita sehari-harinya tidak taat kepada Allah dan taat kepada Rasul. Oleh karena itu, supaya akhir hidup kita menjadi baik (husnul-khatimah) maka mulai sekarang kita harus menjadi orang yang taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan selalu beramal saleh. Orang yang doanya akan dimakbul oleh Allah adalah mereka yang beriman, taat, mengamalkan sunnah Rasul, banyak beramal saleh, banyak berjasa kepada orang lain dan menjauhi dosa dan maksiyat kepada Allah. Mintalah kepada Allah untuk akhir hidup kita yang baik dengan doa-doa di bawah ini :

    Di antara doa-doa yang perlu didawamkan adalah :

    “Ya Allah jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungnya dan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan (jadikanlah) sebaik-baik hariku yaitu hari ketika aku bertemu dengan-Mu (di hari kiamat)” (H.R. Ibnus Sunny)


    اللهم اختم لنا بحسـن الخاتمة ولا تختم علينا بسـوء الخاتمة

    “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan husnul-khatimah (akhir yang baik), dan jangan Kau akhiri hidup kami dengan suu-ul-khatimah (akhir yang buruk)”

    Adab Supaya Dikaruniai Husnul Khatimah
    1. Sebaik-baik umur adalah umur yang panjang dan penuh dengan amal saleh. Dan seburuk-buruk umur menurut Allah adalah yang panjang umurnya tetapi diisi dengan dosa dan maksiyat kepada Allah.
    2. Keadaan di akhir hayat seseorang bergantung kepada amalan sehari-hari. Oleh karena itu, isilah hari-hari kita dengan selalu meningkatkan iman dan amal saleh.
    3. Selain berusaha untuk selalu meningkatkan ibadah fardhu dan sunnat, maka perlu memperbanyak amalan ihsan, yaitu amalan yang memberi kebaikan kepada orang banyak, baik berupa ajakan untuk kembali kepada Allah (dakwah ilallaah), menyebarkan ilmu, menyebarkan kasih sayang, menyebarkan amal saleh, dan selalu tawa shaubil wa tawaa shaubish-shabr.
    4. Tidak meminta mati kacuali karena telah terjadi fitnah yang mengancam keselamatan diri dan agamanya.
    5. Jangan sekali-kali berfikir untuk mengakhiri hidup dengan jalan pintas karena adanya tekanan hidup yang berat. Orang yang mengakhiri hidupnya dengan jalan pintas (bunuh diri) tidak akan diterima amalnya dan dipastikan dia akan masuk neraka.
    6. Ajal adalah sebuah misteri, merupakan rahasia Allah. Bisa datang secepat kilat, tetapi bisa tidak datang-datang walaupun telah dinanti-nantikan setiap saat. Namun jika ajal telah datang, tidak bisa ditunda atau dimajukan walaupun sedetik.
    7. Mendawamkan doa untuk dijadikan orang yang husnul-khatimah pada setiap akhir shalat fardhu.
    8. Selalu menumbuhkan perasaan khauf dan rajaa (takut dan harap), yaitu takut akan tidak diampuninya dosa-dosanya dan berharap bahwa Allah itu Maha Rahman dan Rahim yang akan selalu memberikan rahmat kepada orang-orang yang dikehendakinya.
    9. Ketika sudah ada tanda-tanda kan dipanggil oleh Allah, perbanyaklah membaca kalimat thayyibah, karena siapa yang ucapan terakhirnya adalah Laa Ilaaha illallah orang itu dijamin masuk sorga. (From : Hassan http://www.suaramedia.com

    BalasHapus
  5. lely basymeleh15 Oktober 2009 10.52

    NUR HUDA BIN MACHFUD alias BUSSY MUNAWAROH,
    Kami Semua ,kehilangan sosok yg supel dg ketawanya yg khas,rama tamah,murah hati ,tidak pernah membedakan semua teman2 nya,dg semua amal an nya insyaallah mendapat tempat yg mulia disisi ALLAH SWT

    BalasHapus
  6. Smoga Allah swt menerima amalan ibadahnya dan mengampuni segala perbauatnnya.dan ditempatkan disisiNYa amin yaa rabbal alamin.....

    BalasHapus
  7. Smoga Allah SWT menerima semua amalan ibadahnya dan diampuni segala kesalahnya.Dan ditempatkan disisiNya yang mulia.Amin Alahumma Amin....
    Dan buat keluarga yang ditinggalkan smoga Allah SWT memberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapinya.(Kamelia Balahmar and family).

    BalasHapus
  8. ya ALLAH ampuni semua dosa sahabatku HUDA BIN MAHFUD berilah dia tempat yg layak disisimu yaALLAH ,AMINNNNN .( EMIL )

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. "wes yooo, ojok ngeramput....kwakakakakaka", begitu kira2 "BUSSY" menimpali omongan yang agak2 ..... dan agak kocak yang sering dilempar jamaah.Suaranya selalu terdengar merdu dengan logat arab surabaya yang kental(WE'LL MISS YOU LOT....)

    BalasHapus
  11. selain teman atau sahabat yg sangat baik huda adalah 1 sosok istri yg sangat luar biasa dalam segala hal
    hr ini sy ke tempat teman yg berada di jl. layar surabaya yg mana di tempat tsb banyak yg sangat kekurangan mereka semua menangis sambil berkata YA ALLAH MALAIKAT PENOLONG KAMI TELAH PERGI TUK SLAMANYA ternyata huda si cantiq jelita dg lesung pipi yg menarik memberikan santunan setiap bulan yg sangat bs menutup kehidupan mereka setiap haria tanpa 1 pun yg tau
    INSYA ALLAH NUR HUDA BIN MACHFUD SI HATI MULIA SLALU MENDAPATKAN TEMPAT YG SANGAT MULIA DI SISI MU YA ALLAH ( VIRA GHOZI )

    BalasHapus
  12. kk Huda sosok ibu yang sangat baik...dia engga pernah marah selalu sabar menghadapi segala cobaan bahkan ketika sakit yang sangat menyakitkan, kk huda tetep sabar dan tdk pernah mengeluh...kk Huda engkau adalah khalatu yang paling baik yang selalu suka tertawa dan ramah...semoga amal ibadah mu diterima oleh Allah dan dihapuskan segala dosa2mu...amin...dan buat keluarga yang ditinggalkan agar sabar dan tabah dalam mengahadapi cobaan ini..i love u kk huda...we'r gonna miss u...u r the best aunt that i ever have...

    BalasHapus
  13. SAHAR BAWAZEER.
    alhamdulillah, kata yang terucap dari saya yg dbrikan kesempatan mendampingi mama tercinta sampai akhir hayat nya, saya atas nama keluarga Nurhuda mahfud, meminta doa buat mama, satu pesan terakhir mama, agar mama jgn ditangisi, beliau sudah enak disana, buat teman2 mama, saya minta maaf atas nama beliau jika ada kata beliau yang salah, buat semua yg sdh mendoakan, menolong mama semasa beliau hidup saya ucapkan banyak trima kasih, kenanglah tawa2 mama karena itu yang beliau inginkan, smoga mama tenang disana Amin! terima kasih pak geiz :)
    Dikirim melalui Facebook Seluler

    BalasHapus
  14. terima kasih pak geis karena telah memberikan wadah bagi kami untuk mengenal mama lebih jauh. kami pun tidak tahu soal bantuan yg diberikan mama pd org lain karena kpd kami pun beliau tdk pernah crita. mama adalah seorg ibu yg luar biasa. dia adalah cahaya hidup kami. tanpa menafikkan peran dari ayah kami namun bagi sy pribadi peran mama terhadap sy sehingga sy dpt sampai pd perjalanan sy spt skrg ini adalah sgt besar. Beda umur mama dan sy cuma 19 th sehingga sy dan mama spt adik kk. mama sgt sabar dlm menasihati anak2 nya padalah mama adalah org yg cukup keras. Mama sgt memperhatikan anak2nya....memang seorg ibu pasti memperhatikan dan mencintai anak2nya namun sy tdk dpt menggambarkan dgn kata2 bentuk cintanya...sehingga bagi sy apapun yg telah sy lakukan tidak cukup utk membalas cintanya....sy hanya dpt bersyukur bahwa Allah tidak menghentikan perjalanan bakti seorang anak kepada orang tuanya walaupun mereka telah berada di alam yang lain, yaitu bakti berdoa dan beramal shaleh buat orang tua kita. dan doa sy sekarang agar diberi keikhlasan dan kesabaran untuk menjalani sisa hidup sy tanpa mama dan insyallah kami anak2 nya dapat tetap menjada cahaya baginya spt dia menjadi cahaya bagi kami semasa hidupnya.
    terima kasih buat sahabat dan teman2 mama smua atas doanya. mohon maaf atas sgala kesalahan dan kekurangan.

    BalasHapus
  15. Anisa Bahanan:

    Ya ALLAH,bgitu cpatnya engkau panggil sahabatku,aku amt sgt mrasa khilangan,kr bliau bgitu baik.huda adalh wanita yg saaangat cantik,namun hatinya jauh lbh cantik dr parasnya.baru setahun aku mengenalnya,namun serasa kenal sjak dlm kandungan,persahabatan kami bgitu sgt dekat.kebaikannya,perhatiannya membuatku lupa kl aku dijkt hidup tanpa sanak keluarga.candatawa sllu menghiasi hari2 kami bersama.persahabatan yg singkat namun sangatlah indah.aku sgt bersyukur kpd ALLAH SWT,yg telah memberi kesempatan pdku utk bertemu beliau disaat2 terahirnya.alhamdulillah...alhamdulillah,yaALLAH AMPUNILAH DOSANYA,TERIMALAH AMAL IBADAHNYA...TEMPATKAN BLIAU DITEMPAT YG ENGKAU MULYAKAN.Amin yarabbal alamin

    BalasHapus
  16. kau dekat dengan ku di saat akhir dari cerita hidup mu, dan air mata ku tak terbendung saat ku baca tentang mu. selamat jalan semoga allah mengamouni semua dosa dosa mu dan menerima amal ibadah mu

    BalasHapus