Senin, 29 Juni 2009

Abah Seolah Penguasa


Buku ini bercerita tentang berbagai perubahan dalam tradisi masyarakat keturunan Arab (jamaah) di Indonesia. Ada banyak hal positif maupun negatif diangkat oleh penulisnya, yang sengaja menghindari eufemisme bahasa.Ia lebih memilih kelugasan dalam bertutur, yang merupakan ciri khas masyarakt Timur Tengah. Dan ciri itu pulalah yang menonjol dalam esai-esai yang memikat ini.

Dalam satu esainya sang penulis berkata, "Masyarakat keturunan Arab saat ini semakin pintar dan semakin memahami agama, namun ironisnya semakin individualis." Sebuah sorotan tajam yang mengedepankan kejujuran dalam otokritik terhadap masyarakatnya sendiri.

Buku ini berbicara tentang problem kultural, menyangkut akhlak dan moral komunitas Arab. Penulis berusaha menyajikannya dengan obyektif, dan tidak semata menyorot perilaku masyarakat awam. Tapi juga melihat berbagai persoalan yang ditimbulkan oleh kalangan agamawan. Sebuah usaha yang patut dibaca dan ditiru oleh semua pihak, sebagai bahan untuk memperkaya pemahaman kita pada beragam budaya yang tumbuh dan berkembang di bumi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar