Selasa, 14 April 2009

Little House on the Prairie

Ada banyak drama seri keluarga saat ini, sekian banyak stasiun Tv memproduksi sinetron. Ada yang lumayan bagus namun jauh lebih banyak pula yang kering dalam nuansa hanya pameran wajah cantik dan kemewahan. Sekian banyak drama keluarga bersaing merebut pasar. Dimasa kini, Cinta Fitri leading dengan rating tertinggi. Saya tidak tahu dalam beberapa tahun kedepan masihkah para penggemarnya mengingat sinetron itu. Atau sudah lapuk digantikan dengan sinetron berpola sama dgn cerita yang berbeda. Saya juga tidak tahu bagaimana isi cerita sinetron itu mengapa banyak digemari dsb.

Akan tetapi sekian banyak orang bahkan jutaan jumlahnya ketika siaran tv cuma satu bernama TVRI. Akan selalu ingat sebuah film seri berjudul Little House on The Praire. Sebuah film seri dengan setting sederhana namun memukau jutaan penonton di seluruh dunia. Bahkan nama keluarga dalam film tersebut pun masih banyak yang mengingatnya. Ya keluarga Inggals namanya. Dan yang tentunya yang banyak diingat orang adalah Laura Ingalls (Melissa Gilbert).

Dalam sebuah Episode Laura Ingalls dan seluruh teman sekelasnya di beri tugas untuk mengarang pengalamannya selama libur sekolah oleh gurunya.
Sampai pada waktunya maka satu persatu temannya maju kedepan untuk membacakan hasil karangannya tak terkecuali juga Laura.

Laura bercerita tentang ibunya dia memulai dengan kata "aku memiliki seorang ibu yang sabar..." maka mengalirlah kalimat demi kalimat dari bibir Laura yang seolah sedang membaca tulisannya. Dia bercerita ibunya yang menjahit bajunya untuk tampil pada hari itu, bagaimana perhatian ibunya pada anak anaknya, pada ayahnya dan seterusnya.
Ayah (Charles Ingalls) diperankan oleh Michel London, dan ibunya (Carrie Inggalls) di perankan oleh Lindsay Grennbush juga Orang tua Murid lainnya ikut melihat ketika murid murid itu membaca karangannya terkesima ketika Laura tampil kedepan dengan begitu memukau.

Namun ketika karangan itu dikumpulkan sang guru terkejut, karna dalam buku karangan Laura buku itu kosong tak ada satu katapun tertulis disana. Laura belum bisa membaca apa lagi menulis, Laura mengarang melalui hatinya.

Little House on The Praire bermula dari sebuah buku memoar yang ditulis oleh Laura Ingalls tentang keluarganya. Laura menulis pengalaman masa kecilnya ketika sudah berumur diatas 60 tahun, dalam sebuah akhir catatan di kompas tentang film ini "dunia akan bebeda bila saja banyak kaum ibu menulis seperti Laura Ingalls"

5 komentar:

  1. Hello,

    Pernah denger Cinta Fitri, ya? :)

    Ini ada artikel soal sinetron itu fenomenal itu, dari sisi penulisan skenarionya, "Cinta Fitri Season 3, Sudah Selesai Kemarin..." di sini.

    Yang nulis juga punya blog di facebook, loch.

    Thanks
    AFM

    BalasHapus
  2. Laura, Nancy, Mary, charles, Pak Brewok...sapa lagi yak nama2 pemainnya waktu itu? flm minggu siang yang selalu ditunggu-tunggu..punya koleksi CD/DVD-nya Bang? upload dong ke youtube kalo ada hehehe

    BalasHapus
  3. Pengen Nonton film itu lagi...
    tiap kali nonton film itu,hati ikut mengembara....

    BalasHapus
  4. Jika di Amrik, Euro, dan Canada ada komunitas penggemar film Little House on the Prairie, bagaimana kalau kita buat komunitas yang sama? Mimpi sederhana saya adalah bersama anak2ku dapat menyaksikan kembali film tsb dan menjelaskan makna ceritanya.

    BalasHapus
  5. aq kangen film ini..dan kangen tvri memutar dongeng2 dan film masa kecilku....

    BalasHapus