Rabu, 19 November 2008

IR Iswan Hasan Bobsaid (Abu Amar) Alias Ajee Gile.

Ir Iswan Hasan Bobsaid (Abu Amar) alias Ajee Gile..

"Ya Jamaah hari ini adalah hari terakhir ana hadir di room mulai besok selama satu bulan penuh ana off" kalimat itu terlontar dari seorang ber ID Ajee Gile dan saya sangat amat tidak meyakininya bahwa Ajee Gile alias Iswan Bobsaid akan berhenti bicara di room karena besok akan mulai Ramadhan. Saya menduga itu hanya lontaran spontan yang tidak akan dilaksanakan dengan kosisten. Namun dugaan saya salah, karena sosok Ajee Gile alias Iswan Bobsaid dengan mulutnya yang seringkali semberono ternyata bersikap istiqomah.

Ajee melewati ramadhan dengan meninggalkan kebiasaan yang setiap hari dilakoninya yaitu bercengkrama di room baik diskusi agama maupun mengolok ngolok siapapun yang ingin dioloknya.
Ramadhan adalan bulan yang mulia dan Ajee memuliakannya dengan hanya "berdialog" pada Tuhannya.

Ajee Gile nama Idnya, sosok yang kontroversial, memiliki pemahaman agama dengan berbagai referensi yang luas disertai kemampuan retorika dengan aksentuasi suara yang khas.

Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusumah ini terlahir ditahun 1965 di Surabaya. meninggalkan Indonesia di tahun 1990 menuju New Zealand. Setelah bermukim 3 tahun lebih dinegeri yang berdekatan dengan kutub Selatan, Ia kembali ke Surabaya dan menikah dengan seorang wanita bernama Huda Alhibshy 14 tahun lalu. anak dari pasangan Abduraman Hibshy dan Tin Alamudi. Lalu memulai hidupnya menjadi warga Australia dan sampai saat ini bermukim di Melborne.

Ayah tiga anak ini, Amer, Amani dan Inayah. Selalu tampil atraktif, tak ada hari tanpa canda yang terkadang membuat merinding orang yang mendengarnya, kadang membuat menangis wanita yang di godanya. Namun dilain waktu dengan serius pula Abu Amar (Iswan Bobsaid) menerangkan berbagai pendapat ulama tersohor mengenai satu masalah agama dari mulai Shaikh Saltut, Ibnu Taimiyah, sampai pada Yusuf Qordawi. Kegemarannya membaca buku dan kapasitas memorinya yang luar biasa memberikan kemampuan untuk menerangkan satu masalah dengan jelas dan terang benderang.

Bila banyak orang menerima warisan harta sepeninggalan orang tuanya maka Abu Amar (Ajee Gile) ini mendapatkan puluhan kitab. Dalam berbagai diskusi terlihat jelas bahwa kitab kitab itu dibacanya. Menunjukkan kelasnya sebagai intelektual. Akan tetapi disisi lain dengan tiba-tiba lontaran pernyataannya melenceng jauh dari mengutip pendapat ulama, beralih dengan mengarang sebuah cerita lucu yang berisi ledekan salah seorang di room yang membuat banyak orang terperajat dan tertawa. Karena dari masalah yg sangat serius tiba-tiba berbalik berbicara masalah daster dan body perempuan.

Abu Amar (Iswan Bobsaid) adalah cucu Ami Ali Bobsaid seorang tokoh Jamaah di jawa Timur yang bekedudukan sebagai kapten Arab dimasanya, ada darah ketokohan dalam dirinya, menjadi tak heran bila sosoknya memiliki karakter kewibawaan. Sosok berbadan gempal dengan rambut ikal dan bermuka lebar ini menyukai Tshert dan Jeans dalam berpakaian. Dibalik penampilannya yang nyantai itu terdapat ketajamannya dalam berfikir.

Ajee Gile idiomnya, memang sesuai dengan karakternya yang akan membuat orang merasa heran mendengar gaya bicaranya yang keras tanpa eufemisme. Tak ada penghalusan kata semua dinyatakan dengan langsung tanpa tedeng aling aling, ketersinggungan bukanlah bagian dari dirinya demikian pula sebaliknya tak ada kesan empati dari dirinya dalam menyatakan sesuatu.

Namun dibalik image kontroversial yang dibangun pada dirinya, tak banyak yang tahu bahwa Iswan Bobsad alias Ajee Gile memiliki empati yang luar biasa terhadap nasib orang lain yang kurang beruntung, tangannya selalu terlepas. Dia memperhatikan orang orang yang dikenalnya lama dan dengan tanpa banyak bertanya dia mengirimkan kiriman untuk orang orang yang sedang kesulitan. Seorang wanita setengah baya yang memelihara beberapa anak yatim tak luput dari uluran tangannya.

Bravo Ajee. Hidup memang tidak harus lurus apa lagi "menuhankan" image dimata manusia, biarkan hanya Allah yang tau apa dan bagaimana kita sebenarnya.

18 komentar:

  1. sosok controversial dari kalangan sasak?, ya ngak lah tapi jelas ini adalah sosok dengan sasak asli...cerdas, pedas, dan tidak terpercaya....hehehehe

    BalasHapus
  2. Ternyata... ada sebuah pelajaran yg wajib di ambil dr sosok si AJEE GILE ini. Pria yg tampak keras, tetapi dalamnya lembut...
    Ajee akan kita kenang selamanya...

    BalasHapus
  3. I LOVE YOU AJEEGILE,walau pun tutur kata mu selalu menjurus ke hal2 yg negativ tapi kau selalu dirindukan semua jammaah diroom apalgi sebutan ASU mu yg lantang separti panggilan khas buat anak2 room dzikir harian ya AJE GILE:))

    BalasHapus
  4. AJIE LU BENER2 GILA......DG MENYEBUT NAMA KU YEYI D ROOM ,AQ MERASA KAU ADALAH SAUDARA KU YG JAUH TAPI TETAP DEKAT D HATI KU.........KAU TETAP ABALIS ROOM ,TANPA KAU AJIE ROOM TIDAK ADA "wak Min & wAk Basir" KEDATANGAN MU SELALU D TUNGGU D YM ROOM ARJA & ARBET, HIDUP AJIE TETAPLAH JADI ABALIS! YA........asuuuuuuuuuu ,hidup asuuuuuu,suuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  5. ajiiiiiiiiii dibalik panggilan asuuuuuu mu ada sifat yg perlu kita hargai, masyaALLAH, tapi memang kau superman jie, rusak kasar seneng fitnah, tapi kok banyak yg seneng sama kau, heran ana ... :-)

    BalasHapus
  6. Masyallah, ana salut lut lut lut ama narasi Pak Gheiz. Tapi buat ajee bentar dulu ya….. engkok disek yo jee….., kepala nt jangan membesar dulu ya jee…. Penulis bisa nulis banyak kebaikan ttg si ajee ini karena Pak Gheiz ini belum tauh aja, ini orang yg ber ID Ajee Gila sebenarnya lebih bahaya dari pada Roh roh halus Dkk. Walopun ajee bagus dalam berargumen ttg agama dengan dalil2nya, tapi dia ini perintis pemberdayaan FITNAH, KATA2 KOTOR, PENGHINAAN, Penghancuran hati siapa aja yg mendengar. Perlu tauh aja Ajee ini URAT NGOMONG BAIKNYA UDA PUTUS. Emang kalo lagi ceramah masyallah bikin ana terharu mau netesin air mata, tapi Wallah kalo udah ngomong kotor & menghina, mata ana langsung keluar tombaknya and pinginnya ngremet2 mulutnya yg belum selesai dioperasi akhlaq. Column ini ga perna cukup buat ana ngomong kebaikan2 ajee ya da bikin banyak hareem nangis tersinggung dg kata2nya yg bikin remok hati. Semoga komentar ana ini dpt menyelamatkan Pak Gheiz & umat di room ini dari pengaruh jahat sihir ajee. Sekarang ana udah puas Pak Gheiz. Sebagai penutup, nih yg bikin heran, ana juga kadang kangen ma kegilaannya yg sampe2 perna bikin ana ngakak kepingkel2 sampek itu susu segar yg masih ada dalam mulut nyemprot nyemprot ke monitor hua ha ha ha ha …..

    BalasHapus
  7. Assalamulikum wr wb....

    Kita dilahirkan dengan 2 buah telinga di kanan dan di kiri, supaya kita dapat mendengarkan semuanya dari dua buah sisi. Untuk berupaya mengumpulkan pujian dan kritikan dan memilih mana yang benar dan mana yang salah.

    jadi akhi ajee harus sabar dan siap menerima hujatan....Allah ma'ak

    Walikumssalam wr wb

    BalasHapus
  8. Hi Bro belum tau semua nih anak2 siapa bang ajee :) asli jawir arek sasak , hehehe hugzzzzzzz bro .

    BalasHapus
  9. ha ha ha ha, siapa sih belon pernah di kerjain ama ajeegile wakakakakaka. tetapi itu semua hanaya bercanda, itu lah ajeegile, kalau di perhatikan dengan baik kita semua tau , memang ini orang aslinya orang baik. cuman ana kasih tau yahhh , ati atiiiiiiiiiiiiiiii..... wakakakakaka

    BalasHapus
  10. Welll....sosok Ami Ajie memang adalah sosok yang kontroversial...tp tak dapat di pungkiri bahwa kemampuan berpikir dan analisanya emang top markotop...walau terkadang komentarnya terlalu terbuka/ apa adanya, tapi setidaknya dia mengatakan apa pendapatnya...Well good luck Ami Ajiee...Keepp Controversiall

    BalasHapus
  11. ajii gile nama ngtren nye..hobinye ngejain orang, gue salah satu korban nye..stelah bentempur habis2an..pada akhirnya rukun sperti sahabat bahkan sperti sodara..dengan sosok yg keras & wak basir..tp byk penggemar nye...kl ada bikin heboh tp kl ga ada di cariin......ga abis fikir gw..!!!!

    BalasHapus
  12. ajie_gile sesuai dengan namanya ,memang bener2 gila.edan sableng kentir,setiap ada yg dateng gong2an sosoran pertama buat orang bisa nangis.ini terjadi juga pada saat pertama kukenal yahho join.sambutan yg biasa di gong2kan buat ku panas ,sampai2 kepala ini mau lepas dari tempaynya..Kumaki dengan sumpah serapah ,hahaha itu yg kudengar dari mulutnya oooooo my goot ternyata memang gila . TAPI dibalik itu semua .ada tersimpan sesuatu yg belum tentu orang lain memiliki,keberanian juga ketegasan dan mengerti soal agama,masyaalloh.terus bangkit jie perangi kelemahan ,karna kelemahan akan membuat kita tak ada gairah hidup,doa bunda selalu ,semoga kau tetap tegar setegar suaramu.

    BalasHapus
  13. ajigile emng gile..figur yang layak dikenang sekaligus di pisui selamanya...hehehe
    tapi km termasuk yg aku suka di room :D

    BalasHapus
  14. bagi ana dunia chating adalah dunia sandiwara dimana kita tinggalkan masalah yg akan membuat kita stres,nah...dalam sandiwara itu ana memilih memerankan orang edan dan ana mencoba menyembunyikan identitas yg sebenar nya ana,karena menurut ana dalam sandiwara itu kita tidak perlu menunjukan siapa diri kita bukan ? menurut hemat ana adalah suatu ketololan kalo ada orang yg menganggap dunia chating adalah dunia nyata yg serba aturan.dan kalo ada yg marah dan benci ataupun cinta terhadap ajeegile menurut ana itu menunjukan siapa diri nya. dalam tulisan diatas itu menunjukkan kehebatan penulis nya bukan tokoh yg di tulis,sehingga bisa membuat orang ingin membaca berulang2, thanks berat Geys.........huhakakkakakaaka

    BalasHapus
  15. ajeegile nama ID yg cocok orangnya gile tapi selalu dinanti2 apalagi kalau mulutnya sdh komat kamit(kecap2)bukanya berdoa tapi sedang makan gad(candu) yaman pasti diroom ada yg dimaki2,beliau pemaaf teruskan jeee obrolan2 yg lucu di room ini ana selalu besertamu slooopreeet

    BalasHapus
  16. (diambil dari sasak.net)
    Postby Khalid Alzubaidi on Tue Nov 25, 2008 5:00 am at sasak.net
    Assalau Alaikum Wr.Wb.
    Terus terang saja saya adalah hanya seorang anggota atau pendatang baru di Room Jamaah ini yg masih belum kenal dengan siapa2 saja anggota room ini satu persatu termasuk beliau si AJIE Gile ini.( Walaupun kita sama2 dari asal Surabaya)
    Perkenalan kita utk pertama kalinya di room cukup mengejutkan dan membuat saya kaget mendengar PERKATAAN2 KOTOR DAN TIDAK SOPAN UTK SEORANG YG BELUM PERNAH DIA KENAL berbicara sedemikian rupa.Herannya kata2 kotor ini banyak dapat sambutan meriah dari sebagian anggotanya yang menganggap inilah hiburan menarik utk mereka yg memang berkumpul untuk bercanda dan gurau.Sedangkan ungkapan Pak Geys dia adalah seorang Sarjana.saya sangat salut dan bangga atas predikat yg dia miliki apalagi plus mengerti dlm ilmu akhirat,tapi kebiasaan bercakap sedemikian rusuh mulutnya membuat orang yg baru kenal cukup heran. Ma'af serribu ma'af apabila kesan saya terhadap Si Ajie Gile ini negatif sekali atau lebih pantas saya katakan memang cocok kalau dia ini dikatakan SENEWEN (gila) walaupun banyak sekali pemuja nya di room sampai kadang2 khusus dipanggil per telephone utk dihadirkan di room kalau ada seorang yang akan dikerjai atas permintaan anggota2 room lainnya.
    Sedangkan tentang diskusi agama yg disinggung pak Geys ...sayang sekali saya masih belum sempat men dengarkannya sendiri berhubung saya sudah cepat2 berusaha menghindari untuk bertemu langsung dengan orang2 type ini di room ini.InsyaAllah pada waktu mendatang akan ada kesempatan2 tsb.yg lebih banyak
    Sekali lagi saya mohon ma'af kepada Si Ajie Gile khususnya dan kepada siapa saja pemujanya pada umumnya apabila tersinggung dengan tulisan saya ini.Sebenarnya saya sangat bangga dan gembira dengan adanya room ini dimana tempat berkumpulnya Jama'ah dari seluruh pelosok dunia bersilatul rahmi dan bertukar pikiran sambil bertradisi softo dan raksye kita yg sangat spesifik,walaupun kita kadang2 harus selalu waspada terhadap gossip2 yg bisa menjadi fitnah apabila di biarkan.Di room inipun MasyaAllah banyak anggota2 yang baik dan terhormat.Walhasil sebenarnya yang saya bicarakan ini adalah Haq saya berkomentar saja dengan apa adanya .Mudah2an kita semua dapat mengambil hikmahnya dan berguna bagi kita semua.Amin.
    Akhirnya Alafu minkum wa Bil taufiq wal Hidayah wa Salamu Alkaikum Wr Wb.

    BalasHapus
  17. Memang si Ajee itu awalnya agak saraf,kemudian dia di vonis sama dokter, si ajee kelabakan, cari obat batin akhirnya berangkat pergi menunaikan Haji, pulang dari Mekkah aku panggil dia Pak Hajee,koq pulang dari Mekkah malah tambah sarafnya, maka cocoklah julukan Ajee Gile ( Hajee gile ).

    BalasHapus